Faktor Penyebab Hilangnya Negara atau Lenyapnya Negara

Sebuah negara lahir, berkembang, dan suatu saat akan mati atau musnah di hari akhir. Negara yang ada pada saat ini pun demikian. Tidak ada jaminan bahwa suatu negara akan terus eksis di masa depan. Sebuah negara bisa saja lenyap atau hilang disebabkan karena berbagai macam faktor. Secara umum, faktor penyebab hilangnya negara dibagi menjadi dua, yaitu karena faktor alam dank arena faktor sosial. 

Faktor Penyebab Hilangnya Negara atau Lenyapnya Negara

faktor penyebab hilangnya negara atau lenyapnya negara

 Berakhirnya negara karena faktor alam

Alam memang memberikan segala hal yang dibutuhkan oleh manusia untuk bisa bertahan hidup. Akan tetapi, alam juga bisa mengancam keselamatan jiwa manusia, bahkan mengancam keberadaan suatu negara.

Hilangnya suatu negara karena faktor alam pada dasarnya berupa bencana alam yang sangat dahsyat yang mampu meluluhlantahkan dan melenyapkan suatu negara. Contohnya adalah letusan gunung berapi dan bencana tsunami yang menenggelamkan suatu negara.

Di era  moderen, kita hampir tidak pernah mendengar ada negara yang hilang atau lenyap karena bencana alam. Tetapi, seiring dengan berjalannya waktu dan adanya isu pemanasan global, maka negara-negara yang berada di kawasan Pasifik perlu waspada karena negara-negara kepulauan kecil tersebut bisa saja musnah karena alam.

Di internet, kita bisa mendengar beberapa nama peradaban seperti Lemuria dan Atlantis yang konon kabarnya hilang karena bencana alam. Lemuria dan Atalantis adalah contoh negara kuno, jika memang benar adanya.


Berakhirnya negara karena faktor sosial

Hilangnya negara karena faktor sosial adalah hal yang sangat mungkin terjadi di era modern. Ada begitu banyak negara yang saat ini telah hilang atau runtuh Karena faktor sosial ini. Contoh negara yang lenyap karena faktr sosial adalah Yugoslavia, Uni Soviet, Jerman Barat, Jerman Timur, Kerajaan Perancis, Kesultanan Turki Usmani, dan lain-lain sebagainya.

Faktor penyebab hilangnya negara karena faktor sosial antara lain adalah adanya penaklukkan, penggabungan, adanya perjanjian, adanya revolusi, dan lain-lain. Uni soviet dan Yugoslavia adalah dua negara yang runtuh karena pergolakan sosial yang sangat besar. Kerajaan Perancis runtuh menjadi Republik Perancis melalui revolusi, Jerman barat dan Jerman timur hilang dan menjadi negara Jerman saat ini, dan lain-lain.

Bendera Yugoslavia

Dari kedua faktor penyebab hilangnya negara di atas, maka kita bisa melihat bahwa faktor sosial adalah faktor yang sangat besar pengaruhnya pada saat ini. Uni soviet adalah contoh negara yang hancur karena kemiskinan akibat perang. Kerajaan Perancis hancur karena perubahan ideologi dan sistem pemerintahan. Perlu kita ketahui bahwa ada banyak teori lenyapnya negara yang bisa menjelaskan penyebab hilangnya negara.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url